03 November 2008

STEGANOGRAFI, sebuah metoda pengamanan data dan informasi

Saya ingin share kuliah security minggu kemarin mengenai cryptography dan steganography. Namun untuk kali ini akan dibahas mengenai steganography. Apa itu steganography dan bagaimana penerapannya dalam keamanan data dan informasi.

Steganography dalam istilah security merupakan sebuah teknik pengamanan data yang dilakukan dengan cara menyisipkan pesan (data dan informasi) ke dalam objek lain baik itu berupa teks, gambar, video maupun suara. Berbeda dengan cryptography, dimana data dikodekan dan dibuat acak dengan teknik tertentu sehingga pesan yang disampaikan harus dikode ulang oleh si pengirim dan penerima. Steganography bertujuan membuat pesan seolah-olah tidak ada.

Kita akan bermain sedikit dengan steganography untuk melihat seberapa cermat kita dapat memecahkan informasi pesan yang disembunyikan.

p i l i h n o m o r t u j u h
(Pesan tersebut jelas sekali terbaca oleh semua penerima)

bagaimana dengan ini??
pemilik ini lebih ingin hemat, nampak orangnya membayar ongkos reparasi tukang untuk jaga upayakan harganya.

(apa pesan yang ingin disampaikan penulis?? ya, sama dengan kalimat pertama. Tetapi kali ini lebih memaksa pembaca untuk meneliti isi pesan yang terkandung dalam kalimat tersebut. Anda dapat menebak isi pesan tersebut?? pesannya sama kok, hanya saja disisipkan di awal setiap kata. Coba saja cermati dan gabungkan setiap huruf di awal kata tersebut)

pemilik ini lebih ingin hemat, nampak orangnya membayar ongkos reparasi tukang untuk jaga upayakan harganya.


lalu kalimat ini??
petani tiap melihat cacing tanah biasanya berbelok, mengambil kotak beroesaha mentjarinya untuk mentjukupi seluruh kebutuhannya.


(Kita tentu harus lebih berpikir lagi dalam mencermati isi pesan yang tersirat dalam kalimat tersebut. Tidak seperti contoh sebelumnya, kali ini teknik steganography yang diterapkan lumayan lebih berpola lagi. Tahukan anda apa isi pesannya?? dan bagaimana menemukannya?? coba lihat kembali dan teliti lebih seksama…hehehe, masih belum bisa menemukan polanya?? menyerah?? hahaha, begini polanya…

pesan = h1, h2, h3, h4, h… sampai tanda baca titik.
dimana h menunjukkan huruf.

Tentu akan lebih jelas bila saya tandai huruf-huruf dalam kalimat sesuai rumus di atas.

petani tiap melihat cacing tanah biasanya berbelok. mengambil kotak beroesaha mentjarinya untuk mentjukupi seluruh kebutuhannya.

Bagaimana, sudah mulai mengerti apa dan bagaimana steganography dipakai dalam teknik keamanan pengiriman data dan informasi? Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari pola steganography yang digunakan, masih banyak cara dan pola yang diterapkan. Dengan peralatan teknologi komputer yang sangat maju, pola-pola saat ini lebih cenderung menggunakan rumus yang lebih variabel dan kompleks lagi. Wuih, bagaimana bisa memecahkan isi pesan dengan manual ya?? ampun deh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk menggunakan kalimat yang tidak menyinggung SARA. terima kasih