07 November 2008

Aplikasi Penghitung Huruf, mau coba??


Kali ini mahasiswa perkuliahan
security mendapat tugas membuat software. Bahasa yang digunakan untuk tugas ini bebas, bisa C; Visual Basic; Pascal; PHP dan lainnya. Tugasnya adalah menghitung banyaknya huruf yang ada dalam sebuah tulisan. Tidak hanya itu, lakukan sampling pada 3 macam bahasa:
1. bahasa Indonesia,
2. bahasa Inggris, dan
3. bahasa Sunda. (boleh juga menggunakan bahasa daerah lainnya)

Skemanya, sampling kalimat dalam beberapa paragraf dan hitung jumlah huruf yang terkandung dalam kalimat tersebut. Lakukan rangking terhadap hasil perhitungan dengan kriteria 5 huruf teratas yang memiliki jumlah paling banyak muncul dalam kalimat. Saya mencoba membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Source code dapat dilihat di halaman ini.

Setelah program berhasil dibuat, tampilan running-nya seperti berikut:
1. Untuk sample teks berbahasa Indonesia saya kutip beberapa paragraf dari e-book Pak Budi Rahardjo mengenai "Keamanan Sistem Berbasis Internet". Hasil analisa program penghitung huruf yang saya buat digambarkan dalam screenshot di bawah.


Gambar screenshot program aplikasi penghitung huruf untuk teks berbahasa Indonesia.

2. Sample teks berbahasa Inggris. Kali ini saya memasukkan tulisan mengenai single vendor dan multi vendor services. Hasil analisa program menunjukkan hasil yang berbeda dibanding kasus sebelumnya.

Gambar screenshot program aplikasi penghitung huruf untuk teks berbahasa Inggris.


3. Selain ke 2 jenis bahasa tersebut, untuk sampling lainnya yaitu bahasa daerah, saya mencoba melakukan analisa perhitungan pada teks berbahasa Sunda. Saya kutip dari tulisan di blog ini yang menerapkan bahasa Sunda dalam semua tulisannya. Hasil analisa program seperti dapat dilihat dalam screenshot berikut:


Gambar screenshot program aplikasi penghitung huruf untuk teks berbahasa Sunda.

Bagaimana? tertarik mencoba dan memiliki program ini? source code-nya dapat dilihat di sini. Saya sebenarnya ingin menempel aplikasi ini di blog, tapi belum dapat caranya nih....ada yang tau gimana? kasih tau dong...

2 komentar:

  1. Assalammuallaikum..
    Bapak, program ini tidak menghitung selurus huruf yah? hanya menghitung sesuai peringkat saja..
    Sangat bermanfaat. Terima Kasih :D

    BalasHapus
  2. Waalaikum salam,
    hehe... karena tugasnya menghitung dan diurut berdasar peringkat, jadi seperti itu.
    tapi bisa ditambahkan tampilan untuk jumlah semua huruf.

    :) terima kasih jg sudah mampir.

    goodluck ;)

    BalasHapus

Mohon untuk menggunakan kalimat yang tidak menyinggung SARA. terima kasih