19 September 2008

Online pake GSM or CDMA ya?

Mmh (thinking mode=on)...sambil nunggu (~baca: ngabuburit) sore ini, karna ada acara buka puasa bareng di kantor (ga semua sih, cuman 1 bidang aja) banyak browsing cari referensi lebih banyak lagi buat tugas keamanan sist. komputer dan jaringan, eh jadi inget tentang online pake hp.

Kira2 dua minggu yang lalu saya mencoba online di rumah menggunakan fasilitas modem di hp SEZ800i+halo simcard. Itu baru kali pertama OL pake hp, setelah setting beberapa hal akhirnya...yipie bisa konek internet di komputer rumah...merdeka! bertahun-tahun tuh komputer baru mengenal dunia maya pas minggu itu...
coba buka fs, yahoo, detik, googling beberapa hal, cek email kantor, cek blog dan browsing lainnya...ternyata wuz..wuz..wuz, gile cepet pissaan (bila dibanding jaringan di kantor). ga terasa saking asyiknya baru baca2 hasil browsing, billing udah lebih dari 10rb (baru 2 menit, tapi memang byte yg keterima besar juga).
Beberapa hari kemudian nyoba OL pake CDMA (ZTE+Fren) setelah dapet drivernya dari mas Hendi yg sama2 ngantongin ZTE+Fren. Setelah berhasil konek internet, coba buka alamat yg sama kayak minggu itu...alhasil, page yg kebuka lama juga...alias lemot. Harus bersabar dan jangan banyak buka halaman browser. Kalo buat chating siy lancar abiz.

Inget iklan waktu ke BSM, Telkomsel nawarin paket untuk langganan pake halo....jadi pengen nyoba langganan. Kalo ga salah 250rb dapet modem gratis (tapi harus langganan setaun) dan 125rb yg tanpa modem (opsi yg masuk akal, karna saya punya SEZ800i itu buat jadi modem).
Tapi sampai saat ini masih belom juga daftar, masih bingung mau pilih yang mana...ada yg bilang kalo CDMA lebih murah dibanding GSM. Terpikir kalo OL, saya bakal banyak browsing dan download data2 di internet buat kebutuhan penelitian dan social network saya sendiri. mmh...pake apa ya? kayaknya enakan GSM ya...karena udah 3G kan jadi lebih cepat. CDMA ada yang lebih cepat ga ya?

1 komentar:

  1. kenapa ga pake wimod ato sejenisnya? kalo pake hp kan bisa makan batere...

    BalasHapus

Mohon untuk menggunakan kalimat yang tidak menyinggung SARA. terima kasih