27 Juni 2008

Sistem kontrol common rail injection untuk reduksi emisi pada diesel satu silinder




Penurunan emisi merupakan isu yang sangat penting dalam perkembangan motor diesel saat ini. Untuk
mencapai tujuan di atas, dilakukan berbagai macam cara baik oleh perusahaan otomotif maupun oleh para
peneliti. Salah satu yang sedang banyak diteliti pada saat ini adalah Homogeneous Charge Compression Ignition
(HCCI) dan Injeksi Ganda (Multiple Injection). Pada penelitian ini diperlukan diesel dengan sistem common rail
injection. Bagian yang penting dari common rail injection tersebut adalah sistem kontrol dari common rail
injection. Adapun pembuatan sistem kontrol itu terdiri dari perancangan unit kontrol, pembuatan diagram alir,
perancangan software dan integrasi sistem. Ketiga proses di atas telah dilakukan dengan hasil prototipe unit
kontrol untuk common rail injection. Spesifikasi prototipe di atas bisa digunakan untuk mengontrol lama injeksi
dengan range pengukuran 1 degCA dan waktu injeksi -80 degCA sampai +10 degCA berdasarkan sudut engkol
dari motor diesel. Sistem kontrol ini bisa terhubung dengan personal komputer melalui serial port sehingga
nantinya memudahkan dalam pengontrolan.
Kata kunci: HCCI, Commonrail Injection, Motor diesel.

(Sumber:
Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin 3, Universitas Kristen Petra Surabaya, 2008)

5 komentar:

  1. Betul sekali, Dengan adanya Common raol fuel injection ini, emisi gas buang dapat ditekan. Meski di indonesia teknologi common rail terbilang baru, namun diluar malah sudah ada yang meninggalkan type ini. Seperto Volvo dan Mercedes yang mengganti common rail ini dengan type independent fuel injection, dengan alasan tekanan/pressure yang dihasilkan lebih tinggi. Type common rail sekarang justru banyak dikembangkan untuk mesin bensin GDI (gasoline direct injection)

    BalasHapus
  2. yup, betul. Sekarang banyak penelitian aplikasi commonrail untuk mesin bensin.
    Kendalanya, susah cari injektor untuk mesin bensin.
    Yang kemarin saja harus inden 3 minggu sampai 1 bulan lebih, baru dapat injektor untuk mesin diesel.
    Kalau ada info mengenai GDI, boleh tuh sharing2.. ;)

    BalasHapus
  3. Halovsalam kenal,,
    mas amw sharing nih,,,sbenernya apa sie yang d maksud dgn HCCI dan Multiple Injection?
    Apakah ini bisa di aplikasikan pada mesin 6 silinder?

    BalasHapus
  4. waah, sebenernya ada pakar yg lebih ahli menjawab ini... (tapi baiklah akan sy jawab, heuheu)
    HCCI (homogenous Charge Compression Ignition), secara kasarnya pada HCCI ini berarti saat proses penyalaan di dalam ruang bakar, bahan bakar yang dialirkan sudah sangat homogen (biasanya bahan bakar dikompresikan seadanya, namun disini justru sampai keadaan sangat homogen, tercampur sangat baik dengan udara)

    Kalo multiple injection, istilahnya banyak injeksi. (pada penelitian ini masih double injection atau injeksi ganda)
    jadi, bahan bakar dikompresi dalam ruangan tertentu (common rail) dan diinjeksikan secara berkala (sesuai timing yang diinginkan) untuk memperoleh titik efisien bahan bakar terbakar di dalam ruang bakar.
    Hasilnya berbeda antara single injection dengan multiple injection (data ada di lab motor bakar P2 Telimek-LIPI).

    Apa bisa diaplikasikan ke 6 silinder? tentu bisa... sayangnya, mesin yang ada di lab kami tidak memiliki banyak silinder, jadi penelitian menggunakan single silinder... (wah mungkin akan lebih efisien lagi bila dipakai di mesin 6 silinder)

    BalasHapus
  5. ya saya setuju dengan ada nya teknologi yg baru ini teman

    BalasHapus

Mohon untuk menggunakan kalimat yang tidak menyinggung SARA. terima kasih